Pemupukan Fanili menghasilkan peningkatan 300%

"Biasanya untuk 100 batang ini,saya panen 30-40 kg.Setelah pakai pakai Produk NASA bisa mencapai 150 kg.Jumlah panili pertandan juga berlipat-lipat.Biasanya cuma 5-7 panili dalam 1 tandan,sekarang jadi 30 panili.Benar-benar sangat menguntungkan.Dan yang lebih membanggakan,buah panili nya masuk grade A",demikian penuturan Pak Soleh bangga.
Pak Soleh,petani panili di Bolan,'Allan,Enrekang,Sulawesi Selatan ini telah membuktikan keampuhan produk Natural Nusantara(NASA) untuk 100 batang tanaman panilinya yang berusia 5 tahun.

Awalnya ada sedikit keraguan pada Produk NASA,karena dinilai sebagai produk baru yang belum terbukti di daerahnya.Tapi karena didesak oleh salah seorang teman,akhirnya Pak Soleh mau juga mencoba.

Selama menggunakan Produk NASA,Pak Soleh telah menghabiskan 1 botol POP SUPERNASA,10 botol POC NASA,12 botol HORMONIK,2 botol AERO,dan 1 botol PESTONA.

Cara pemakaiannya dengan disemprotkan dan disiramkan.

Untuk penyiraman memakai dosis 1 sdm POP SUPERNASA untuk 5 liter air.Sementara untuk penyemprotan Pak Soleh memakai dosis 30 cc POC NASA,20 cc HORMONIK dan 5 cc AERO untuk tangki 15 liter.

Selama memakai Produk NASA ini,Pak Soleh sudah mengalami 3 kali pemanenan.Satu hal yang luar biasa setelah memakai Produk NASA adalah peningkatan hasil panen yang dicapai.

Biasanya hanya panen 30-40 kg saja,tapi setelah pakai Produk NASA menjadi 150 kg per-100 batang tanaman.Peningkatan mencapai 300%.

Yang lebih membanggakan lagi,ketika sample di bawa ke Bali untuk dipasarkan,ternyata kualitas panili Pak Soleh mempunyai kualitas tinggi,masuk grade A.

Berdasarkan pengamatan Pak Soleh,keistimewaan lain setelah memakai Produk NASA diantaranya adalah :
  • batang tambah besar
  • warna daun hijau mengkilat
  • buah jauh lebih panjang
  • jumlah panili dalam tandan bertambah.
Satu hal yang jauh lebih meyakinkan adalah panjang panili mencapai 23-25 cm dengan pertumbuhan yang seragam.

Sebelumnya panjang hanya 15 cm dan tidak seragam.Hal ini tentu sangat menguntungkan ketika dijual ke pedagang.Belum lagi jumlah panili pertandan yang bisa meningkat lebih dari 400%.

Biasanya jumlah panili per-tandan hanya 5-7,setelah pakai Produk NASA menjadi 30 per-tandan.Satu hal yang membuat heran,akar panili masih menempel erat di tanaman inang,meskipun panili sudah berbuah.

Hal ini sangat berperan sekali terhadap pembesaran,pemanjangan dan meningkatkan bobot buah.Biasanya hal ini jarang terjadi,biasanya begitu buah keluar,akar akan lepas dari tanaman inangnya.

Jika ditinjau secara ekonomis,Pak Soleh mendapat keuntungan sbb :

Biaya pembelian Produk NASA Rp 600.000

Tambahan hasil :
  • 150 kg - 40 kg = 110 kg
  • 110 kg X Rp 300.000 ( harga panili ) = Rp 33.000.000
Total tambahan keuntungan
  • Rp 33.000.000 - Rp 600.000 = Rp 32.400.000
Tambahan keuntungan sebesar itu tentu sangat besar artinya,mengingat biaya dan tenaga yang dikeluarkan sangatlah sedikit.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pemupukan Fanili menghasilkan peningkatan 300%"

  1. Bagi anda yang belum percaya, silahkan anda yang menjadi bukti selanjutnya....
    Sukses buat anda...

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya... :)
Untuk mengetahui daftar harga produk Natural Nusantara, silahkan download di sini.